Comments System

Waspada! 5 Perubahan Tubuh yang Jadi Gejala Kanker

Para pakar kesehatan dunia sepakat menyarankan agar setiap orang semakin peduli terhadap penyakit kanker. Apalagi penyakit yang sejak lama dikenal sebagai penyakit paling mematikan ini bisa menjangkit siapa saja.



Dari kebanyakan kasus penderita kanker selama ini selalu berujung fatal. Para pakar kesehatan mengatakan kalau hal seperti itu terjadi karena masih kurang sadarnya masyarakat dunia akan penyakit kanker. Para penderita kanker umumnya baru datang ke dokter saat kondisi kesehatannya semakin parah karena tubuhnya sudah digerogoti kanker. Padahal sebenarnya kalau saja mereka datang lebih cepat, pengobatan bisa lebih maksimal.

Para pakar kesehatan dunia memang mengatakan kalau salah satu kunci sukses pengobatan kanker adalah penerapan langkah medis sedini mungkin. Ini berarti siapa saja termasuk Anda sebaiknya dapat mengenali gejala kanker. Apalagi menurut Aru Wisaksono Sudoyo yang merupakan dokter spesialis onkologi mengatakan kalau ada beberapa perubahan tubuh yang jadi gejala kanker. Nah, hal ini tentunya wajib Anda ketahui, agar bisa mendapatkan pengobatan sedini mungkin. Apa saja perubahan tersebut?
Berat Badan Tiba-Tiba Menurun Drastis

Jika selama ini Anda merasa kalau tubuh Anda kelebihan berat badan, lalu tanpa alasan yang pasti berat badan Anda tiba-tiba menurun drastis sebaiknya Anda tidak lantas berbahagia. Perubahan tubuh seperti ini bisa menjadi indikasi adanya penyakit mengerikan yang sedang menggerogoti tubuh Anda, salah satunya adalah kanker.

Hemoglobin Mengalami Penurunan
Lelah dan lesu adalah perubahan tubuh yang menandakan kalau hemoglobin di dalam tubuh Anda mengalami penurunan. Hal ini bisa saja normal karena aktivitas tapi sebaiknya Anda periksakan kesehatan Anda ke dokter. Karena penurunan kadar hemoglobin juga bisa menjadi gejala kanker.

Muncul Rasa Sakit Di Tubuh yang Tidak Kunjung Sembuh
Jika Anda merasa sakit di salah satu bagian tubuh Anda dan dalam beberapa hari tidak kunjung sembuh, sebaiknya Anda sudah mulai waspada. Penting agar Anda bisa segera memeriksakan kesehatan Anda ke dokter, apalagi kalau rasa sakit yang Anda alami membuat tubuh Anda tidak dapat bergerak dengan baik. Kondisi seperti ini merupakan salah satu gejala khas penyakit kanker.

Terjadi Pendarahan Dibagian Tubuh yang Tidak Lazim
Adanya benjolan di tubuh, khususnya di bagian payudara adalah salah satu gejala khas penyakit kanker. Namun selain itu adanya pendarahan di bagian tubuh yang tidak lazim juga bisa menjadi gejala kanker. Jadi sebaiknya jika tiba-tiba Anda mengalami pendarahan di tubuh seperti bagian anus atau penis sebaiknya segera ke dokter.

Nyeri Di Tubuh
Nyeri merupakan salah satu kondisi yang sering terjadi, tapi umumnya saat nyeri terjadi kebanyakan orang cenderung tidak mempedulikannya. Padahal nyeri di tubuh juga bisa menjadi salah satu gejala kanker. Nah, untuk itu jika Anda merasa nyeri apalagi terjadi dalam waktu lama segera periksakan kesehatan Anda ke dokter.



Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.